Sahabat trader Indonesia, didalam platform metatrader atau mt4 ada 3 jenis grafik yang disediakan yaitu line chart, bar chart dan candlestick chart. Masing-masing chart ini mempunyai fungsi dan kegunaannya sendiri.

 

Line Chart

Line chart atau grafik garis pada platform mt4 disusun berdasarkan harga penutupan dari setiap pair sesuai time frame yang digunakan, kemudian data-data harga penutupan ini dihubungkan dengan sebuah garis, misalnya pada pair GBPUSD dengan timeframe H1, maka line chart ini disusun berdasarkan data penutupan yang terjadi setiap jam dari pair tersebut.

Line chart ini sangat berguna bagi sahabat trader yang menggunakan analisa teknikal dengan pola harga sebagai acuan dalam menjalankan aktifitas tradingnya. Di grafik ini sahabat trader bisa melihat, memprediksi dan memastikan pola harga seperti Doble Top, Doble Bottom, Head and Shoulder, dll yang akan terbentuk maupun yang sedang terjadi dipair tersebut.

 

Bar Chart

Bar chart atau grafik bar ini mewakili rentang perdagangan yang terjadi pada suatu pair atau komoditas dalam periode tertentu. Periode ini bisa dalam rentang waktu yang cukup singkat seperti satu menit, lima menit atau dalam rentang waktu menengah selama satu jam, empat jam bahkan tersedia pula dalam periode terlama seperti bulanan, atau selama satu tahun.

Grafik bar memiliki sebuah tonjolan kecil di sebelah kiri untuk mewakili harga pembukaan (open) dan tonjolan kecil di sisi kanan yang berfungsi untuk menunjukkan harga penutupan (close).

 

Candlestick Chart

grafik ini pertama kali ditemukan dan dikembangkan oleh pedagang beras di Jepang yang bernama Munehisa Honma pada tahun 1800an. Grafik jenis ini menggunakan batang lilin sebagai simbolnya yang menggambarkan pergerakan harga suatu pair dalam rentang waktu tertentu.

Candlestick chart memiliki tubuh dan bayangan, dimana tubuh dari batang lilin ini mewakili pergerakan harga selama pembukaan ( Open ) dan penutupan ( Closing ), sedangkan bayangan dari batang lilin ini merupakan jarak harga tertinggi dan terendah yang terjadi pada suatu periode atau time frame.

Dalam perkembangannya candlestick chart ini memiliki pengaruh yang luar biasa bagi trader teknikal disemua bursa perdagangan didunia, baik bursa saham, komoditas maupun Forex. Pembahasan yang lebih lengkap dan menyeluruh tentang candlestick chart ini akan disajikan pada artikel selanjutnya.

Salam Profit!!!

 

Written by admin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *